PENYELESAIAN TOPIK PERENCANAAN PEMBELAJARAN SD/PAKET A

 

TOPIK PERENCANAAN PEMBELAJARAN SD/PAKET A

SOAL POST TEST MODUL 1 | PERENCANAAN PEMBELAJARAN

KURIKULUM OPERASIONAL SATUAN PENDIDIKAN

 

1.        Perhatikan langkah dalam penyusunan visi dan misi sekolah berikut:

1. Wawancara.

2. Pemilihan informasi yang relevan.

3. Analisis karakteristik atau konteks sekolah.

4. Merumuskan misi sekolah.

5. Merumuskan visi sekolah.

Urutan yang tepat dalam menyusun visi dan misi sekolah adalah....

Jawab : 1,2,3,5,4


2.   Bu Meiske adalah kepala sekolah di lingkungan kota besar. Setelah melakukan wawancara, ia mendapatkan data harapan warga sekolah sebagai berikut:

1.  sekolah melahirkan generasi yang positif dan semangat;

2.  sekolah dapat melahirkan murid yang cerdas;

3.  semua warga sekolah saling menghargai dan menghormati; dan

4.  sekolah mencetak murid yang unggul dalam teknologi.

Dengan menganalisis konteks di atas, maka visi sekolah yang sesuai adalah ?

Jawab : Menjadi institusi terdepan dalam IPTEK, menciptakan lulusan yang mampu bersaing di dunia kerja, berakhlak mulia, dan bertanggung jawab.


3.   Budaya sekolah itu merupakan pola asumsi-asumsi dasar, nilai, norma, dan keyakinan yang dipegang bersama oleh seluruh warga sekolah.

Jawab : Benar


4.        Pemerintah berupaya untuk mewujudkan lingkungan belajar sekolah yang nyaman dan aman dengan membuat beberapa peraturan terkait. Yang bukan merupakan aturan untuk mewujudkan hal tersebut , kecuali

Jawab : Permendikbud No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.


5.        Perhatikan beberapa komponen berikut:

1.  Merumuskan Alur Tujuan Pembelajaran

2.  Menguraikan Capaian Pembelajaran

3.  Menentukan Tujuan Pembelajaran

4.  Menentukan metode pembelajaran

5.  Memahami isi CP

6.  Menentukan rencana asesmen

Urutan yang direkomendasikan dalam membuat perencanaan pembelajaran dari Capaian Pembelajaran adalah...

Jawab : 5-2-1-3-6-4


6.        Berikut pernyataan yang salah mengenai ATP dan TP adalah...

Jawab : Setiap guru harus mengacu pada ATP yang sama


7.        Bu Ika adalah seorang guru Sejarah. Ia sedang menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) untuk materi “Kerajaan Islam”. Dalam melakukan hal ini menurut Bu Ika peserta didik perlu belajar “menganalisis kerajaan islam dalam ruang lingkup lokal, nasional, dan global”. Hal ini artinya Bu Ika memahami bahwa dalam penyusunan ATP harus mempertimbangkan.

Jawab : Cakupan dan keluasan TP


8.        Perhatikan pengaturan waktu belajar yang disusun berikut:

1.  Mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia dan IPA akan diajarkan dari jam 07.00- 12.00 dalam semester 1

2.  Dalam satu tahun ajaran, pembelajaran IPS dibagi ke dalam 4 waktu (masing-masing 3 bulan). Mata pelajaran Geografi, Sejarah, Ekonomi, dan Sosiologi akan diajarkan secara bergantian di setiap semester. Semester 1 untuk Geografi dan Sejarah. Pada semester 2 untuk mata pelajaran Ekonomi dan Sosiologi.

Pengaturan waktu belajar seperti diatas merupakan contoh pengaturan belajar dengan model.

Jawab : Blok

 

TOPIK PERENCANAAN PEMBELAJARAN SD/PAKET A

SOAL POST TEST MODUL 2 | PERENCANAAN PEMBELAJARAN

MERANCANG PEMBELAJARAN SD/PAKET A

 

1.        Berikut pernyataan yang bukan merupakan kriteria dari pemahaman bermakna adalah...

Jawab : Merupakan pemahaman praktis.


2.     Tidak semua pertanyaan yang diajukan Guru kepada siswa adalah pertanyaan pemantik. Wiggins dan McTighe dalam bukunya The Understanding by Design menyatakan bahwa ada beberapa pertanyaan yang hanya mencari jawaban "resmi" dan benar (sesuai dengan buku teks) alih-alih membutuhkan jawaban dan penyelidikan yang mendalam. Jenis pertanyaan seperti ini akan mempersingkat proses penyelidikan yang sebetulnya diperlukan sebagai jantung pemahaman mendalam.

Berdasarkan hal tersebut, manakah yang merupakan pertanyaan pemantik dibawah ini ?

Jawab : Seorang Guru IPA bertanya “Bagaimana proses terjadinya hujan?”


3.    Produk akhir merupakan salah satu asesmen sumatif, yaitu asesmen untuk evaluasi pada akhir proses pembelajaran. Salah satu tujuan dari adanya asesmen ini adalah...

Jawab : Untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran.


4.      Pak Markus sedang merancang asesmen untuk pelajaran Ekonomi. Rencananya ia akan meminta murid menuangkan pemahamannya terkait dampak globalisasi dalam bentuk kampanye. Pak Markus memberikan kebebasan pada murid untuk memilih media kampanye selama pesan kampaye dapat tersampaikan dengan baik. Saat membuat rubrik, aspek-aspek yang tepat untuk mengukur asesmen tersebut antara lain...

Jawab : Sistematika kampanye, kualitas konten, orisinalitas, dan efektivitas media.


5.        Indikator pencapaian kompetensi ditentukan berdasarkan...

Jawab : tujuan pembelajaran yang ditetapkan


6.        Pernyataan berikut yang salah tentang modul ajar adalah...

Jawab : Modul ajar setara dengan RPP.


7.   Bu Yuki sedang melaksanakan PJJ. Ia hendak menggunakan modul ajar yang tersedia untuk pembelajaran selanjutnya. Setelah mempelajari modul ajar ia mendapat hal-hal berikut:

1.  Isi modul ajar untuk pembelajaran luring

2.  Modul ajar menyediakan lembar aktivitas yang bisa mengasah kemampuan berpikir proses

3.  Modul ajar menyediakan rancangan asesmen yang bisa mendorong kompetensi muridnya secara menyeluruh

Jika akan menggunakan modul ajar tersebut, modifikasi yang perlu Ibu Yuki lakukan adalah...

Jawab : Mengganti bentuk asesmen menjadi kuis dengan bantuan aplikasi karena lebih mudah dilakukan secara daring.


8.    Berikut merupakan peran media ajar dalam proses pembelajaran yang berpusat pada murid, kecuali...

Jawab : Menggantikan peran guru dalam mengajar.


9.        Pak Robert sedang mempelajari modul ajar yang didapatkannya dari Platform Merdeka Mengajar. Karena mayoritas muridnya tidak memiliki telepon genggam untuk mengakses internet, ada beberapa aktivitas dalam modul ajar yang tidak bisa ia terapkan. Oleh karena itu, ia memodifikasi aktivitas menjadi kegiatan serupa namun tidak memerlukan telepon genggam. Upaya modifikasi modul ajar yang dilakukan Pak Robert tergolong...

Jawab : Modifikasi terkait sarana dan prasarana belajar.

 

TOPIK PERENCANAAN PEMBELAJARAN SD/PAKET A

SOAL POST TEST MODUL 3 | PERENCANAAN PEMBELAJARAN

REFLEKSI DALAM PEMBELAJARAN SD

 

1.        Perhatikan beberapa pertanyaan berikut:

1). Metode apa yang paling membantumu memahami topik ini ?

2). Saat mengerjakan proyek ini, keterampilan apa yang bermanfaat untuk karir yang ingin kamu tekuni nanti ?

3). Kemampuan apa yang meningkat atau baru kamu dapatkan saat melakukan proyek ini ?

4). Apa target yang mau kamu capai pada pembelajaran selanjutnya ?

5). Apa yang akan kamu lakukan untuk mencapai target tersebut ?

Pertanyaan yang tidak tepat ditanyakan saat refleksi bersama murid fase D adalah...

Jawab : 2


2.     Pertanyaan yang paling tepat diajukan untuk membantu murid memonitor kemajuan belajar mereka adalah...

Jawab : Apa yang kamu pelajari tentang diri kamu saat mengerjakan projek ini ?


3.        Perhatikan pertanyaan-pertanyaan di bawah ini:

1.  Apakah setelah sekolah kamu akan pulang ?

2.  Apakah kamu mau menunjukkan hasil karyamu ?

3.  Apa yang membuatmu senang hari ini ?

4.  Apa yang sedang kamu buat ?

5.  Apa yang telah dipelajari hari ini ?

6.  Jika bisa berganti peran, peran apa yang ingin kamu coba ? Mengapa ?

Pertanyaan di atas yang termasuk pertanyaan refleksi adalah...

Jawab : 3 dan 6


4.        Dalam membuat pertanyaan refleksi yang dapat dijadikan sebagai acuan adalah...

Jawab : Fase murid


5.      Bu Indah adalah seorang guru SMA. Beliau sudah menyusun dan menyiapkan beberapa pertanyaan untuk melakukan refleksi pembelajaran, tetapi salah satu muridnya bernama Rendra belum dapat melakukan refleksi dengan mendalam karena belum terbiasa melakukan refleksi. Salah satu cara yang bisa Bu Indah lakukan untuk memfasilitasi Rendra berefleksi adalah...

Jawab : Memberikan pertanyaan tambahan yang memandu

 

 

CONTOH AKSI NYATA TOPIK PERENCANAAN PEMBELAJARAN SD

 

LINK PMM (PLATFORM MERDEKA MENGAJAR)

 

BUKU DIGITAL (PDF)

 

0 $type={blogger}:

Posting Komentar